Kehidupan Macam Apa Ini…(1)

penggusuran.jpg

Perkembangan zaman membuat kita bertanya, apakah benar kemajuan yang terjadi membuat hidup manusia lebih terasa tenang, nyaman dan bahagia? Apakah benar perkembangan ilmu, teknologi dan ekonomi dunia memang memajukan kualitas manusia? Apakah benar kualitas hidup itu di zaman ini lebih baik dari pada kualitas hidup manusia zaman-zaman sebelumnya? Apakah kehidupan di kota lebih baik daripada kehidupan di desa?

Bagi yang hidup di kota-kota besar akan terasa bagaimana eksistensi kemanusiaan seorang manusia mulai digerogoti. Ruang manusia untuk mengaktualisasikan kepribadiannya secara utuh semakin sempit. Usaha2 untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang tidak hanya bersifat materi semakin semakin terpinggirkan. Hiruk pikuk pembangunan, gedung-gedung pencakar langit, industri-industri raksasa, perputaran mesin-mesin di pabrik, serta gerak-gerak rutinitas yang membosankan, membuat pribadi-pribadi menjadi asing dengan lingkungan dan diri nya sendiri.

Manusia berada dalam suatu sistem yang kejam. Dimana untuk bertahan hidup saja harus pintar, harus terampil, harus kuat, harus bergelar, dan harus punya koneksi. Jika ingin memperoleh keuntungan sedikit, harus bisa menipu, menjilat, menyuap,atau mengkhianati kepercayaan. Jika tidak, maka sistem ini memojokkannya ke sudut-sudut zaman. Menjadi orang-orang aneh dan dianggap tidak bisa bekerja sama. Atau lebih parah lagi terlempar ke tong sampah sisa-sisa industri, menjadi pengemis, pemulung, gelandangan atau pekerja sex komersial.

Manusia seolah dibuat tak berdaya bertarung dalam suatu sistem besar yang bernama kapitalisme ini, sistem dimana kapital/modal adalah penguasanya. Kekuasaan kapital bisa menyebabkan jutaan buruh tertindas. Karena kapital suatu kerusuhan bisa saja direkayasa. Demi kepentingan kapital tanah rakyat bisa dirampas,hutan dibakar,dan isi bumi disedot tanpa belas kasihan. Tinggal lah menyisakan banjir, asap dan lumpur bagi penduduk di sekitarnya…..

Surabaya, di kantor Dony,11 Nov ‘01

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s