Aku ingin

Puisi ini membawaku sejenak meninggalkan hiruk pikuk persoalan…

mencari2.JPG

AKU INGIN

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Supardi Djoko Damono

17 Comments

  1. hmm…ini salah satu puisi favoritku sejak dibangku SMP…:-)’n apalagi kalo bacanya di alam terbuka seperti Mandalawangi diantara pandang edelweis…wah, subhanAllah deh!

  2. Yoi, kalo gak salah, puisi itu dulu pernah dikutip untuk tema sebuah sinetron. Terus terang aku blm liat sinentron nya, tapi aku udah curiga (maklum sinetron phopia🙂..) kayaknya sinetron tersebut pasti deh mereduksi makna puisi itu menjadi sangat rendah,ha ha ha

  3. ‘awan kepada hujan yang menjadikannya tiada’ kamsud nya gimana ya ?

    Kalau berawan maka cenderung hujan, kalau gak ada awan maka tidak akan mungkin hujan. terus hubungannya apa ya dengan tiada?

    Nah loe…. kamu harus bertanggung jawab fa!!😀

    • kek na gini,,,,kan sblum ujan ada langit berawan tapi setelah ujan awannya hilang alias tiada…..may be

  4. ya kalo kelas sinetronkan g bisa disamaain dengan layar lebar…misalkan dengan garapannya Garin Nugroho yang berjudul “Aku Ingin Menciummu Sekali saja” yang menurutku g jauh dari penafsiran puisi diatas….

  5. sapardi djoko damono…yeah!

  6. waaahhhhhh…puisi yang termotto tuch di hidupku…..maksudnya semuanya dipendam ya fa….sampai benar – benar tiada….idem…hehehehe……

  7. kasihan banget ente2 yg berprinsip kaya gitu….hwahahhaa
    piss!!!!
    aku ingin mencintaimu untuk memilikimu…!!!

  8. #Dony
    Oh tenang don,aku akan bertanggung jawab, gak perlu Om Supardi turun tangan. Jadi gini, hujan itu kan berasal dari awan yang berproses. Nah kalo dia sudah berproses menjadi hujan, awan tadi ya gak ada lagi kan, wong dia udah jad hujan kok. Kalo gak salah sih gitu. Makanya pas pelajaran geografi jangan cabut mulu,ha ha ha

    #Any
    Mungkin jg ny, tapi aku gak tahu karena blm pernah nonton ‘Aku Ingin Menciummu Sekali saja” karya Garin Nugroho. Tapi apa emang ada tafsiran baku/resmi puisi diatas sehingga kamu bisa menyimpulkan demikian?

    #Meikha
    Yeah juga🙂

    #Nelly
    hehehehe

    #Yandha
    Gimana kalo sebaliknya blek “Aku ingin memilikimu untuk mencintai mu”🙂

  9. taek fa!! mbulet..
    buat apa diruwet2in coba?
    if seneng = cinta
    if memiliki then happy
    if not memiliki..matek ae fa…pasrah pasrah…
    hwahahha

  10. Saya terkesan dengan pesan mendalam yang disampaikan pk Supardi, bahkan secara sengaja saya kutip untuk menyatakan cinta saya kepada seorang yang saya “admire”. Thanks Bro. You are okay.

    Widyo Utomo

  11. *Widyo Utomo
    Ok siiip Bro, selamat berjuang, semoga berhasil🙂

  12. wahhh……….. its nice phoem
    i like it so much!!!

  13. aku ingin..

    bribu knangan ada karena puisi ini
    duka,tawa

    yah..masih bkin merinding, mesipun dah skian lamanya..

  14. hmm…..bahasanya sederhana, tp maknanya dalem bgt….
    menurut gw sih isinya tentang pengorbanan dech…..

    tak sempat diucapkan kayu kpd api yg menjadikannya abu
    tak sempat disampaikan awan kpd uhujan yg menjadikannya tiada

    ya ampun…..ada enggak ya orang yg spt diibaratkan dlm puisi ini

    hmm…..gw suka banget !!!!!

  15. Subhanallah……………..

    keren bgtz.

  16. Aku Suka Banget.,,Kata”nya Sangat s’sdrhana Puisinya Tp Sangat Indah….
    thank’z Krn Dh Bikin Puisi Yg Indah ini…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s