Lapindo dan Dosa Gus Dur

lapindo.jpg

Lapindo JANCUK!!!!

Lapindo karo pemerintah iku ASU!!!!
nggarai angel mole ae…
sugih duit tapi goblok kabeh!!!
bakrie hwancuk sby asu!!!
kakean korup cuk negoro kie…

kata si BLEK ngamuk2 di Blog nya yang baru aku baca.

Jadi ingat lg, dg beberapa pengalaman ketemu orang. Mereka bilang..
Bencana Lapindo terjadi gara-gara dosa Gus Dur,Gus Dur dianggap telah melecehkan agama dan menghina alquran. Gus Dur bilang Alquran itu porno. Karena itu Tuhan marah,sebagai pemimpin yang identik dengan masyarakat Jawa Timur,maka ditimpakanlah musibah Lapindo….

Lalu apa dosa masyarakat Sidoarjo yang tertimpa dan merasakan lansung bencana Lapindo? Bagaimana dengan SBY? Bakrie? Mentri2 terkait? Pemda Setempat?

Jadi ingat jg dengan kasus gempa di Jogja dan Jawa Tengah.
Gempa terjadi karena Sri Sultan sebagai pemimpin masyarkat Jogja dan Jateng telah melawan ajaran agama. Sri Sultan menolak RUU Pornografi, karena itu Tuhan murka, dibuatlah gempa...

Wah… terus terang aku gak habis pikir dengan cara berpikir seperti di atas. Dan selalu aja muncul lagi…muncul lagi… jawaban model2 seperti itu, setiap ada kasus bencana alam.
Boleh2 aja sih mengambil hikmah dari setiap bencana, tapi menarik kesimpulan sembarangan seperti itu benar2 melecehkan akal sehat

Apa emang Tuhan mau mengorbankan ribuan masysarakat Sidoarjo dan Jogja/Jateng hanya untuk menghukum seorang Gus Dur dan Sri Sultan (kalo memang dianggap mereka bersalah)??
Lagi pula Gus Dur dan Sri Sultan baik2 aja tuh,gak tersentuh bencana.
Apa sasaran Tuhan meleset?????

Waktu kejadian bencana di Aceh jg begitu.
Tuhan memberi azab atau peringatan (atau apapun lah namanya) buat masyarakat Aceh karena masyakarat disana sudah ingkar dan sering melakukan maksiat…

Kasian bgt orang Aceh, udah kena bancana ditambah lagi dituduh maksiat

capek deh…….

16 Comments

  1. hehehe, berarti Tuhan butuh kambing hitam juga ya?πŸ˜›

  2. mas, sampeyan berkenan nggak membagi pemikiran pemikiran sampeyan tentang buku-buku atau wacana-wacana terbaru?.

    Kalau berkenan mohon kesediaannya untuk bergabung menjadi kontributor di Blog kami ya? kami tunggu jawabannya lhoπŸ™‚

  3. Itu bisa jadi komentar-komentar ngawurisasi, yang membut kita jadi goblok permanent. Apalagi kalau main tuduh kepada seseorang.

    Cuma begini, Kalau perspektifnya adalah definisi bencana menurut agama maka :
    1. Bencana karena memang aktifitas alam, dalam konteks ini maka memang kehendak Tuhan (bisa jadi gak terkait dengan ulah manusia). Misal gempa bumi dan tsunami.

    2. Bencana karena memang ulah manusia, misal pembalakan liar sehingga banjir ada dimana-mana. Yang salah jelas manusianya.

    Tapi diluar konteks dua hal diatas, kalau kita baca sejarah dulu sewaktu Tuhan menurunkan banjir bah zaman Nabi Nuh a.s. Katanya karena umatnya tidak mau menyembah dan beriman kepada-Nya.

    Sekarang kalau bangsa ini moralnya sudah sedemikian bejad sehingga korupsi dimana-mana… bagaimana menjelaskan dengan logika yang sederhana tapi komprehensif tentang bencana karena moral dan prilaku manusia yang tidak langsung kepada alam?

  4. Oh kalau kasus lapindo, yang salah itu Megawati dan anggota DPR zaman itu, karena mengesahkan UU Migas no 22 tahun 2002 tentang liberalisasi Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang menyebabkan penanganan bencana lapindo gak beres…πŸ˜€

  5. Benar, gara2 UU Migas no 22 thn 2002 itu, pihak swasta skrg ini bisa menguasai secara penuh lahan2 pertambangan. Sehingga bumi, air & kekayaan alam yang terkandung di dalamnya tidak lagi dikuasai oleh Negara dan tidak lagi dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

    Karena swasta yg punya, maka dlm pengelolaannya pihak pemerintah tdk lagi bisa terlalu cawe2 ikut campur. Termasuk ketika terjadi kesalahan ekpslorasi.

    Itu yang terjadi dengan Lapindo. Sebenarnya ada peluang untuk mencegah bencana lumpur itu kl memang dari awal ada kontrol pemerintah melalui Pertamina atau PT Aneka Tambang.

    Kalo dulu,jika kita menemukan sumber2 tambang di tanah kita,maka kita harus melapor ke pemerintah.Lalu oleh pihak pemerintah melalui Pertamina atau PT Aneka Tambang,tanah kita dibeli untuk dikuasi negera. Setelah dikuasi oleh negara,baru kemudian pemerintah menyerahkan pengelolaannya kepada swasta. Namun hanya sebatas pengelolaan,tapi kepemilikan tetap pemeritah.

    Dengan model seperti ini, maka ada kewajiban pemerintah untuk mengawasi dgn ketat, ketika terjadi kesalahan eksplorasi,pihak pemerintah langsung turun tangan mengatasi nya melalui tenaga2 ahli Pertamina atau PT Aneka tambang.
    Dan yang namanya kesalahan ekplorasi, katanya itu sih hal biasa dalam dunia tambang,tapi selama ini secepat mungkin diantisipasi.

    Nah hal itu yang tak terjadi dengan Lapindo. Pemerintah tidak punya kewajiban lagi mengawasi, Karena dia bukan milik negara.

    Bukan begitu don?
    Ya iyalah,wong yang di atas itu kamu yang bilang ke aku kok,he he he

  6. Ah enggak gitu!!!

    Yang salah itu Nurdin Halid, udah jelas2 Persebaya dan para bonek ngerusak, anarkis dan sering bikin ribut, eh malah diperingan hukumannya, dan terakhir malah gak kena hukuman…. :))

    Kapan mao maju sepakbola Indonesia, sedih deh….

    Capek ah….

  7. ehmm….

    yg salah tuh orang yg dipenjara…hehehehe

    masak seh ???

    akh…gak juga tuh

    buktinya ust. baasyir dipenjara tapi gak bersalah jg kan

    hehehehe….gak punya bahan koment ya!!! hihihi

    ups…tadi gw ngomong apa yah ???πŸ™‚

  8. Wah memang benar. Sekarang sudah gak jelas lagi nilai-nilai yg dipegang masyarakat. Seorang Nurdin Halid, narapidana kasus korupsi, dulu tetap menjadi ketua umum PSSI meski lagi di penjara. Tidak ada resistensi dari siapa-siapa. Nurdin Halid dan orang-orang pada nyante aja tuh. Seolah-olah terlibat kasus korupsi itu adalah hal yang wajar, bukan lagi sebuah aib!

  9. mmmmm… penjabaran yang bagus, weh kalo gitu aku buat rumah deket orang gede yang salah kali ya.. biar nggak kena bencana,

  10. Dekat White House kayaknya paling pas deh. Tempatnya paling aman dari rumah orang paling bejatπŸ™‚

    Ternyata soal bencana dan logika keimanan sulit dipaksakan nyambungnya,karena itu sudahlah, STOP BLAMING THE VICTIMS !!

  11. Tuhan pernah salah sasaran ta?bukan Tuhan berarti…hehe
    God make no mistake,cos It’s absolute truth..
    menungso ae sing nggatheli….hehehe

  12. #yandha
    Benar blek, makannya pemahaman ‘sembarang tuduh’ seperti itu berarti jg melecehkan Tuhan

  13. Si Blek iku cuma ngamuk2 THOK!! gak bisa lapo2!! dan gak bakal lapo2!! itu lazim terjadi. boro2 aparat, ama ketua RT, paling2 dah keder. mending, sedikit kata, melakukan mobilisasi masa, dan, LAWAN!!!!
    so, fren, gak perlu khawatirkan, itu bukan sebuah ancaman, bukan pula sebuah hambatan. itu cuman sebatas pemuasan diri saja. biasalah, golongan tertindas dan golongan orang2 yang mengutuk zaman. eitss..jgn buru2 dimasukkan ke golongan orang2 yang idealis yang mempertahankan ide-ide dan gagasannya sampai titik darah penghabisan. beluummm, masih jauuuh. dibiarin ajah, nanti ya diem2 sendiri, kalau piringnya sudah kosong, dan gak ada nasinya.

  14. Wah dapat kehormatan neh ada comment dari nama besar Dargombes (Pa kabar bos?) Mungkin blek lagi berjibaku untuk kebutuhan2 dasarnya kali bos, tapi setidaknya dia masih tetap bisa marah lahπŸ™‚ Gimana Blek? aku angkat tangan neh,hehehe

  15. wakakakakaka….jelas bos lek aku muring2…
    lha wong angel mole ng banyuwangi hare…
    hwahahhhaaa
    kalo piring kosong n ga ada nasi…yo cari nasi pak dargombes..
    mosok meneng ae?
    memobilisasi massa?ga zaman boss..dah zamannya blog..
    lewat sini lah kita memobilisasi massa lewat ide dan gagasan.kadang juga pisuhan…hwahahah
    orang yg mengutuk zaman adalah orang yang ga percaya akan perubahan pak..
    orang yg idealis sampe titik darah penghabisan adalah orang yang tetep berteriak meski di piringnya dah banyak nasi lengkap ama lauknya..bukan sebaliknya..

    piss

  16. Halaaah bisanya cuma bacot d0ank yang digedein,skolah ampe tinggi,mugkin dosenx ngajarin om0ngan yg gk berm0ral ma lo yah,ampe mukax jga gak puxa komitmen,gmn bsa maju klo pda xalahin,emank mak loe gk pernah salah. .mak lu dulu salain knp dy puxa anak kyak km yg cuma bisa nyalahin,yg pda dsarx smuax Allah yg lbh tau. .klenkkk cie


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s