Pendidikan yang menyesatkan..(1)

bom1.jpg

Saat Nagasaki dan Hirosima di-bom atom oleh Amerika, kaisar Hirohito lansung bertanya kepada para pembantunya. Tetapi ternyata pertama ditanyakannya bukanlah berapa banyak gedung yang hancur, atau berapa banyak pasukan yang tewas, atau berapa banyak mesin-mesin perang yang musnah. Tetapi yang pertama ditanyakannya justru adalah berapa banyak guru yang tersisa.

Wooww.. hebat Jepang, ada dua hal, pertama penghargaan yang demikian tinggi diberikan kepada guru. Tidak seperti di Indonesia, gaji guru malah disunat. Kedua, terlihat bagaimanya semangat Jepang untuk bangkit merancang masa depan bangsanya. Terbukti kita lihat Jepang sekarang seperti apa.

Di India kudengar bahwa pendidikan disana gratis mulai dari TK sampai tingkat doktoral. Aku gak tahu validitas informasi itu, apakah benar atau salah. Tapi jika melihat bagaimana kiprah India dalam menguasai dunia IT sekarang ini, maka sangat mungkin hal itu dicapai karena pendidikannya gratis.

Dulu Malaysia mendatangkan dosen-dosen Indonesia untuk membantu mengembangkan pendidikan/teknologi bagi perguruaan tinggi di sana. Tapi sekarang, kita lihat peringkat perguruan tinggi-perguruan tinggi mereka di Asia lebih tinggi dari perguruan tinggi di Indonesia. Mengapa bisa terjadi? Tidak aneh bila kita lihat bahwa di Malaysia anggaran negara untuk pendidikan sekitar 25 %, sedangkan selama ini di Indonesia hanya 10 % -11%. Hanya baru pada sekitar 2 tahun belakangan ini anggaran buat pendidikan menjadi (kalau saya tidak salah ) sekitar 25%.

Okelah sementara kita tinggalkan ilustrasi di atas, yang jelas pendidikan merupakan faktor sangat vital dalam proses kemajuan suatu bangsa. Namun bagaimana sebenarnya nasib pendidikan kita sekarang? Ada ada dengan pendidikan kita? Pendidikan kita ternyata menyesatkan!!!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s